Kenapa Jepang? Yup, karena Negara Jepang adalah negara paling
berkembang dan maju khususnya di bidang ilmu pengetahuan, teknologi mesinnya,
manusia modern dengan gedget tinggi, bla...bla...bla... Semua fakta yang ada
tentang negara sakura ini tidak terlepas dari pola kerja yang ada di
perusahaan-perusahaan Jepang. Mereka selalu berpatokan pada pola kerja yang
sudah ditetapkan di masing-masing perusahaannya. Yuk simak kebiasaan kerja di
Jepang!
Jam Kerja di Perusahaan
08.00-08.25 Mengecek
email dan persiapan pekerjaan hari ini
08.25-08.50 Aktifitas
(olahraga, hymne perusahaan, dharma perusahaan, dan briefing)
08.50-12.15 Bekerja
12.15-13.00 Makan
siang, ibadah, istirahat
13.00-15.00 Melanjutkan
pekerjaan
15.00-15.15 Ibadah
dan istirahat
15.15-17.00 Melanjutkan
pekerjaan
17.00-end Menulis
laporan, membersihkan meja, pulang, maksimal sampai 19.00
Training Edukasi Bagi
Karyawan Baru
Training edukasi bagi pegawai yang baru memulai karir disuatu
perusahaan penting untuk kemajuan perusahaan nantinya. Mind set yang ada di
perusahaan atau lingkungan pekerjaan yang lama akan cepat menyesuaikan dengan
pekerjaan yang baru. Biasanya karyawan baru yang memulai bekerja tanpa training
hanya membuat karyawan lain yang ada di dekatnya repot dan tidak kosentrasi
pada kerjaannya.
Pesta Perusahaan
Perayaan pesta di perusahaan sering dilakukan di Jepang.
Pesta yang diadakan biasanya setelah jam kerja dan menjelang malam hari.
Biasanya pesta tersebut dilakukan saat adanya pergantian karyawan baru dan
pelepasan karyawan lama. Hal tersebut membuat karyawan baru cepat
bersosialisasi dan berbaur dengan karyawan lama tanpa canggung dengan jabatan
masing-masing. Sedangkan bagi karyawan lama, memungkinkan bagi mereka untuk
tetap menjadi rekan di lain tempat.
Kebiasaan Tidur Di
Jepang
Kebiasaan tertidur saat bekerja tidak dianggap sebagai
pelanggaran di perusahaan Jepang. Pasalnya, mereka menganggap karyawan yang
tertidur saat bekerja adalah mereka yang memiliki loyalitas penuh dalam bekerja
sampai larut, kurang tidur, dan terlalu lelah. Tidur saat siang hari juga
merupakan charge energi pada tubuh yang diperlukan untuk kembali bekerja penuh
stamina. Mereka menganggap hal ini menjadi komitmen terhadap perusahaan.
Berbicara Kepada
Karyawan
Perusahaan di Jepang biasanya menetapkan peraturan untuk
menegur karyawan di ruangan tertutup dan berbicara dua mata. Atasan yang
terbukti menegur bawahannya di ruangan terbuka sampai terlihat karyawan yang
lain akan mendapatkan surat peringatan. Sebaliknya, pujian yang diperuntukkan
bagi karyawan atas prestasinya di haruskan untuk memujinya di depan karyawan
lain agar karyawan tersebut lebih bersemangat lagi dan memiliki penghargaan
yang tinggi atas dirinya.
Pakaian Kerja
Di Perusahaan Jepang, banyak sekali peraturan pada perusahaan
yang membebaskan karyawannya memakai pakaian senyaman mungkin. Hal ini
dilakukan demi kelancaran karyawan tersebut saat bekerja. Banyak dari mereka
yang hanya menggunakan celana pendek dan baju kaos se-fleksibel mungkin.
Sedangkan sebagian karyawan memakai pakaian rapi dan sopan saat pesta perayaan perusahaan.
Duh...duh... jadi berbanding terbalik gitu yaaa
No comments:
Post a Comment