KENAPA
INDONESIA?
Bagaimana
pandangan enterpreneur asing terhadap pengembangan bisnis di Indonesia?
photograph by @liezaazzahra |
Well,
bukan orang Indonesia saja yang belajar Bahasa Jepang saja di ABAC, akan tetapi
banyak orang Jepang yang berkemauan keras untuk belajar Bahasa Indonesia di
ABAC, malahan jumlahnya lebih banyak orang Jepang dibanding orang Indonesia
sendiri. Tandanya, bahasa kita sudah dianggap penting loh bagi WNA.
Perkembangan bisnis di Indonesia yang cukup pesat memang menjadikan WNA banyak
menanam bisnis di Indonesia, berbondong-bondong pengusaha asing menengah ke
atas membuka usaha di Indonesia.
Asumi
juga berpandangan bahwa Indonesia sangatlah baik untuk dijadikan lahan bisnis
dibandingkan negara lain. Pandangan itu terpikirkan karena Indonesia masih
minim akan infrastruktur dan teknologi dibandingkan negara lain. Ya, masih
banyak sekali perbaikan yang harus dilakukan di negara berkembang ini. “Padahal
Indonesia bisa dibilang negara berkembang, tapi masih rendahnya service
customer, support teknologi, dan informasi untuk masyarakatnya sendiri, itu yang
menjadikan Indonesia terbelakang dibanding negara berkembang lainnya” sambar
Asumi. Kecintaan Asumi pada Negara Indonesia, yakni dengan keputusannya tinggal
di Indonesia. Asumi sendiri mengakui ingin memajukan Indonesia seperti negara
kelahirannya.
Support
Asumi kepada Indonesia yakni dengan ABAC, yang memberikan paket support ke
Jepang untuk WNI yang ingin sekolah maupun tamasya. Pelayanan ABAC meliputi
pengurusan visa dan tiket pesawat, mendeskripsikan dokumen untuk yang ingin
sekolah di Jepang, dan menjadi konsulting orang yang ingin pergi ke Jepang. Promosi
yang dilakukan ABAC untuk mensupport masyarakat Indonesia yang ingin pergi ke
Jepang selalu berjalan dengan lancar, baik dalam media cetak maupun online.
Ya, kesimpulannya sangat miris, melihat banyak WNA yang mencari nafkah di Indonesia, contohnya seperti Asumi, sedangkan WNI berbondong-bondong menghabiskan uang di luar kota, menambah kekayaan negara lain dan memiskinkan negara sendiri. Segalanya yang berbau negara asing sangatlah laku di Negara Indonesia, itulah yang menyebabkan Enterpreneur asing banyak sekali yang mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Maka dari itu Bahasa Indonesia sudah sangat diminati oleh pengusaha asing, apalagi yang berkediaman di Indonesia. Mudah-mudahan bisnis Asumi selalu sukses ya dengan bisnisnya, dan menguntungkan bagi
kedua negara ini.
No comments:
Post a Comment