Friday 9 March 2012

PT DISA SINERGI CAKRAWALA (DSC)

Photograph by @liezaazzahra
Penipuan Perusahaan DSC
Awalnya saya tidak ingin membahas lagi penipuan ini, tetapi alangkah baiknya saya tulis dalam blog agar para Jobseker berhati-hati dan tidak terjadi penipuan selanjutnya. Kejadian ini bermula ketika saya sedang giat-giatnya melamar pekerjaan seusai lulus kuliah. Entah apa yang membuat saya tidak dapat berpikir jauh, akhirnya saya pun kena penipuan tersebut.
Mulanya seperti ini, ketika DSC pertama kali menelepon saya, mereka bilang mendapatkan nomor saya dari Job Fair yang diadakan JOB.DB, waktu itu di Gelora Bung Karno. Saya pun mencatat alamat yang mereka tujukan untuk mengikuti interview esok hari. Mereka tidak menyertakan nama perusahaan yang mereka jalani, yakni DSC (Disa Sinergi Cakrawala) melainkan Cakrawala Mobilindo. Hal pertama yang saya lakukan mensearching di google, ternyata sebuah perusahaan ternama yang bergerak dibidang spare park mobil.
                Esok harinya saya pun mendatangi DSC di kawasan Kedoya Jakarta Barat. Saya interview dengan HRD dan meyakinkan saya langsung dapat bekerja di Cakrawala Mobilindo di daerah TB Simatupang, di depan gedung Antam sebagai Customer Service dengan gaji 1,9 belum termasuk uang makan, lemburan dan transport. Untuk dapat bekerja saya harus melunasi pembuatan ID Card,  seragam, pembuatan Jamsostek dan penandatanganan kontrak kerja sebesar 300 ribu. Saya dianjurkan membayar DP, berapa saja untuk mengkeep data saya agar tidak tergantikan oleh kandidat lain.  Akhirnya saya pun membayar DP sebesar 10 ribu. Liciknya mereka, mereka tidak memberi kita waktu untuk sharing kepada teman dan keluarga, maka dari itu esok harinya saya disuruh datang sepagi mungkin untuk tes psikotest, penandatanganan kontrak dan penempatan.
Photograph by @liezaazzahra
                Memang sudah jalannya, hari itu pulsa modem saya sedang habis, sehingga saya tidak dapat mensearching di google dan saat itu kerabat, pacar dan keluarga saya pun sedang sibuk dengan urusan mereka masing-masing. Alhasil, esok harinya pun saya datang kira-kira jam 9 pagi untuk test psikotest dan membayar sisa administrasi dan penandatanganan kontrak. Saat membayar sisa administrasi, saya tidak mendapatkan kwitansi apapun, saya hanya mendapatkan kartu member DSC. Ketika itu, saya pun mulai curiga. Apalagi surat kontrak yang saya tandatangani itu bukanlah surat kontrak bekerja, melainkan surat kontrak menjadi member DSC. Setelah itu saya diminta membayar uang sejumlah 50 ribu untuk langsung bias ditempatkan di perusahaan. Kepalang tanggung pikir saya, saya pun melunasinya dan mendapatkan surat pengantar kesebuah perusahaan.
                Hari itu juga, saya datang ke perusahaan tersebut di Wisma Indovision, ternyata yang saya dapati perusahaan itu adalah perusahaan outsourcing. Saya pun kembali ke DSC dan menanyakan kenapa saya dikirim ke perusahaan tersebut. Saya menagih omongan HRD sebelumnya untuk menjadi Customer Service di Cakrawala Mobilindo, tetapi lagi-lagi mereka dengan entengnya menjawab bahwa Cakrawala Mobilindo hanya membutuhkan pria sebagai mekanik, kalau untuk Customer Service belum ada konfirmasi. Emosi saya mulai memuncak, saya katakana kepada mereka kenapa saat interview saya ditetapkan menjadi Customer Service di Cakrawala Mobilindo, Cakrawala Mobilindo itu memiliki empat cabang di daerah Bekasi, Pulo Gadung, Jakarta Barat dan TB Simatupang, mana mungkin dalam waktu kurang dari lima hari Customer Service sudah penuh. Di situ saya sudah sadar bahwa saya telah tertipu dan perusahaan ini merupakan perusahaan penipuan, karena tidak memiliki nomor izin bergerak dari pemerintah. Selidik punya selidik, ternyata Disa Sinergi Cakrawala (DSC) sebelumnya berada di Meruya dan sekarang pindah di Kedoya untuk menghilangi jejak para Jobseker.
             Saya pun berinisiatif untuk melaporkan kejadian tersebut ke Departemen Tenaga Kerja (Depnaker), Kelurahan dan Kecamatan Kedoya dan Kelurahan setempat dengan empat orang saksi dan rekaman hasil interview pertama. Mudah-mudahan kasus ini cepat diusut tuntas agar para pencari kerja selanjutnya dapat terlindungi. Bagi kalian yang mengetahui dimana PT Disa Sinergi Cakrawala (DSC) berada, harap cepat-cepat melapor ke Kelurahan dan Kecamatan setempat, karena mereka akan terus berpindah-pindah tempat mencari mangsa baru. Sebelum para karyawan DSC tertangkap, mereka pasti akan berpindah-pindah termpat terus menerus mencari mangsa baru. Kenapa saya berani mengusut kasus ini di dunia maya, karena mereka tidak memiliki hukum yang kuat untuk membela diri. sekian cerita dari saya, terima kasih untuk para pembaca.
Ciri-ciri perusahaan penipuan seperti PT Disa Sinergi Cakrawala adalah:
-          Kantor sepi, parkiran sedikit dan tidak ada kendaraan bermobil
-          Karyawan yang bekerja di kantor tidak lebih dari 30 orang, bahkan sangat minim
-       Meminta uang, sebagai DP, biasanya jumlahnya kecil, kisaran 5, 10, 20, 30 ribu agar peserta tidak curiga
-          Dilarang membawa tas ataupun hand bag kedalam kantor
-          Selain interviewer dilarang masuk

26 comments:

Unknown said...

ya Allah, mudah-mudahan yang kerja di sana perutnya buncit semua, karena makan uang haram, amiiinnn...

Rizka LataniaZuardy said...

PT. ini sekarang beralamat di Jl. Raya Kedoya Utara no. 2A Jakarta Barat. nomor tlp. 02158304865. saya baru saja di telpon oleh perusahaan ini untuk interview, tapi saya ragu jadi saya searching dulu tentang perusahaan ini, ternyata banyak komentar miring. terimaksih untuk infonya, semoga anda mendapat rejeki yang lebih baik. amiiin...

Anonymous said...

coba aj gw ngeliat bloq ini dri kmaren"..:(

Unknown said...

udah banyak korban yg kena termasuk gw
ikhlaskan saja biar yg di atas yg membalas semuanya
amin ..

siti fatimahqolby said...

ia mba semua itu alamat perusahaannya klo bisa cepet dituntasin deh itu perusahaan qo pindah"

samriana said...

gw brusan ditelpon wad interview tgl 29 juli 2012 nanti hri senin, sbgai staf accounting. trus gw nanya alamat perusahaannya dmna? trus dia bilang tar aja dia nge sms gw. guys apakah ini pnipuan juga?gw dri bandung, klo kyak gini mnrut kalian gw k jakarta ga??thank u all:)

Unknown said...

ga usah dateng...

Unknown said...

kejadian nya sama karna pulsa modem abis jd gak bisa searching terus nya dy mengatas namakan PT. SINERGI METALINDO jelas saya tertarik krna sebelum d'tempat saya bekerja dulu pernah ad pengiriman barang ke perusahaan tersebut.
dan saya sudah jd korban berikut nya saya di minta hari senin besok untuk datang ke PT. ELECTRONIC CITY.

Unknown said...

waahhhh sama gan w juga dah pernah kena tipu,dari two PT.DSC..
dari pertama w ngelamar w dh curiga masa org mw kerja mw nyari duit mlah ngasih duit kan aneh..

w kena tipu gx terlalu bnyk c gan cma kena 100rb doank.
waktu kantor'y masih di meruya dkt pasar pengampuan,
kejadian udh hmpir 2 thn yg lalu,w smpet desek trus Two PT.abal abal DSC,duit w dh di embat ama dia masa w gx kerja",dh hampir 1 minggu setelah w ngelamar dari PT.DSC.

akhir w ngutusin ywdhlah w iklasin aj duit cma 100rb doang kq,
lagian biarinlah dia bisa tipu smw org di bumi,nnti klo dia mati N masuk neraka biar dia gntian ditipu lagi ma malaikat penjaga neraka.


skrng PT.DSC dkt rmh w gan KEDOYA bntai rame" yuk gan godok bgt w,kasian w ma yg lain tkt kena tipu jg ky w,apa lagi yg baru lulus sekolah yg belum pny pengalaman sama sekali.

w harap gx ada yg tertipu lagi deh,mudah"n bwt yg bru lulus sekolah and pengin cari kerja lewat yayasan atau apalah di teliti dulu jngn lnsung terpercaya ma omongan yg manis.

iory said...

sama

liezaazzahra said...

hati-hati untuk para jobseker!
saat ini saya telah bekerja di PT Pasaraya Tosersajaya, sesaat lalu perusahaan saya pernah dijadikan tempat festival pencarian kerja, saya melihat pria yang saat itu interview saya di DSC, rambut yg tadinya gondrong menjadi botak dan cowok berambut panjang memakai bando menjadi pendek, dan laki2 pincang pemakai tongkat sudah normal pula jalannya. Perusahaan itu bernama carikerja.com, pokoknya segala pekerjaan yang diharuskan membayar terlebih dahulu harus dipikirkan matang-matang teman2, karena 90% adalah penipuan, terimakasih...

Anonymous said...

Saya Baru DP,
Setelah d searcing ternyata gini y audah g saya tanggapin lagi,.,

Unknown said...

PT DISA SINERGI CAKRAWALA KAYA TAI DAH NIPU ORANG - ORANG N TERMASUK TEMAN W SENDIRI KENA JUGA...............
LIHAT AJA NTR BAKALAN W LAPORIN KE PIHAK BERWAJIB...........

anisa afifah rakhmat said...

ga semua yg kantornya sepi itu penipu, di search aja dulu, tanya2 orang sekitar juga :) semoga anda semua dapat rezeki yg lebih baik :)

Wong Banten said...

Padahal setiap hari saya mantengin Internet tpi ga kpikiran buat searching PT. DSC ini .
mksdnya ingin cari kerja malah kena tipu..

Siall. ternyata saya jg salah satu Korban Mereka.
saya penasaran dengan PT. DSC ini ..bgtu ketik pencarian di Google, saya terkejut, yg muncul malah Penipuan PT.DSC .
krn saya jg sedang menunggu panggilan dari Perusahan yg mereka janjikan..
bermaksud hendak menghampiri lagi ke kantor yang di Kedoya . tpi setelah liat blog ini .. sepertinya percuma saja
Buang2 tenaga, waktu dan pikiran ..
Semoga semua Karyawan DSC dilaknat Tuhan .. Amiiin ...

thanks for sharing , :)

liezaazzahra said...

all friends jobseker@mereka sering buka di pameran job fair n festival jobs2 lainnya, so kalau kalian gak kenal nama PT/Perusahannya tolong berpikirlah 2 kali untuk menaruh cv/lamaran kalian d PT/perusahaan tersebut soalnya banyak perusahaan abal2 sejenis DSC,apalagi kalau salesnya dah maksa2 bgt minta no hp/tlp kalian, mana ada perusahaan bonafit yang sampai segitunya nyari pegawai, best regards, Lisa..

@pepirahma said...

mudah mudahan kena azaaab

@pepirahma said...

350 ribu melayang :'(

Unknown said...

Disa Sinergy Cakrawala sering berubah wujud dalam karyawannya, nama perusahaan, alamat, dan warna perusahaan, awalnya salah satu karyawan yang saya lihat berambut panjang menjadi botak dan ada yang bermbut gondrong menjadi cepak, begitupun karyawan wanitanya sering berubah2 penampilan. nama perusahaan dr cakrawala mobilindo menjadi disa sinergy cakrawala, yg terakhir sya lihat okekerja.com, alamat yg saya tahu sebelum di kedoya adalah di meruya, terakhir warna perusahaan yang terkenal dengan kuning biru menjadi hitam putih, trims...

Unknown said...

qu jga jd korban PT.DSC ( Disa Sinergi Cakrawala )
qta lapor pihak brkewajiban ja yuk kwan"..
biyar gak nambah bnyk korban penipu selanjut'a..
PT.DSC ( Disa Sinergi Cakrawala ) ini sekarang beralamat di
Jl. Raya Kedoya Utara no. 2A Jakarta Barat.
smping AIA FINANCE kantornya..
tlp :02158304865.

dyaznieza said...

thank agan2 bwt infonya soalnya td ane dpt telp dy ngakunya PT DISA SINERGI CAKRAWALA suruh dtg rabu bsk bwt interview k Jl. Raya Kedoya Utara no. 2A Jakarta Barat.
smping AIA FINANCE kantornya..
tlp :02158304865.
mang si waktu itu ane ikut pameran job fair n festival jobs2 d rawamangun tgl 9 kemaren tp disitu dy mengatasnamakan PT JAYA SINERGI COMPONENT

Unknown said...

Hati-Hati ya,PT Disa Sinergy Cakrawala (DSC) msh berkeliaran bebas n segera share k tmn2 yg lain agar smkin bekurang yg terkena tipuannya PT DSC ini ;)

Unknown said...

td juga ane dapet panggilan interview lewat sms, ngakunya PT. Cakrawala Indotech.
tp pas nyampe di tkp namanya PT. Disa Sinergi Cakrawala. yaudah langsung ane googling dulu deh sblm masuk ke dalem. ternyata yg keluar artikel2 tentang penipuan.

ane masuk dalem jg aneh, tas ga boleh dibawa segala. trus disuruh ke lantai 3 liat2 ruangan interview makin curiga. sempet ditanya nama sama orang hrd nya. tapi ane langsung bilang mao kebawah dulu sebentar, abis itu langsung balik aja deh.

dari awal pas drop cv di jobfair atrium juga udah ngerasa aneh sebenernya, masa ga ada brosur, penjelasan tentang perusahaan, posisi lowongan. cuma via omongan doang.

makasih buat yg udah pd ngeshare, moga sukses dunia akherat. ane jadi terhindar dari penipuan.

Unknown said...

Sama barusan saya dpt tlp dr no tsb. Ragu. Coba browsing ko ga ada ya profil nya. Tpi nama pt nya itu pt.cakrawala asia indotech.

Mohon sharing dong

Fahmy Athaillah said...

wahhhh terlaknat emang pt dsc.... sama banget kejadiannya hari ini. gw juga kena tipu , semoga para karyawannya dapat azab yang sangat pedih dari Allah SWT...

angga said...

GUYS, mohon sangat infonya dong.

sebenernya saya gatau ini perusahaan apa, dan beneran penipuan atau tidak.

dulu istri saya pernah bekerja di sentra ponsel di bawah naungan DSC ini, sudah hampir setahun lebih sih.

dan sekarang istri saya ingin mencairkan BPJS tapi tersendat paklaring dan nomor BPJS di perusahaan ini.

apakah ada info yah skrng ini perusahaan masih ada atau bangkrut ?? kalo bisa sih dapet nomor telpn nya

makasih