Thursday 10 July 2014

Fungsi Bahasa Menurut Para Ahli


Sunaryo : Bahasa berfungsi sebagai sarana berpikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.
Keraf Goys : Fungsi bahasa adalah sebagai alat untuk mengapresiasikan diri, sebagai alat untuk berkomunikasi, sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan untuk beradaptasi sosial dalam lingkungan atau situasi tertentu, dan sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial.
Felicia : Bahasa berfungsi dalam berkomunikasi sehari-hari, sebab satu alat yang paling sering digunakan adalah bahasa, baik lisan, maupun tulisan.
Harimurti Kridalaksana : Bahasa berfungsi untuk alat komunikasi verbal.

Depdiknas : Fungsi Bahasa  bahasa yang utama adalah sebagai alat komunikasi.  Jika fungsi itu dikaitkan dengan budaya maka bahasa berfungsi sebagai sebagai sarana  perkembangan kebudayaan, jalur penerus kebudayaan, dan inventaris ciri-ciri kebudayaan. Jika dikaitkan dengan kehidupan sosial, maka bahasa berfungsi sebagai bahasa nasional, yaitu  lambang kebanggaan kebangsaan, lambang identitas bangsa, alat pemersatu, dan alat perhubungan antardaerah  dan antarbudaya. Sebagai bahasa kelompok,  bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi dan interaksi sehari-hari dalam kelompok itu. Dari sisi perorangan, bahasa memiliki fungsi instrumental, menyuruh (regulatory), kepribadian, pemecahan masalah,  dan khayal.

No comments: