Wednesday 28 December 2011

DESKRIPSI PEMBELAJARAN

Guru memberi salam saat pertama kali masuk kelas. Guru pertama-tama menyapa para siswa dengan menanyakan kondisi siswa agar lebih terjalin keakraban antara guru dengan siswa. Kemudian mengabsensi siswa dari nomor urut pertama. Kemudian guru membuka pelajaran Bahasa Indonesia dengan menanyakan seputar materi sebelumnya, untuk mengetahui seberapa besar daya ingat siswa. Memberikan pertanyaan bukan untuk perorangan tetapi semua siswa, dengan perwakilan tanpa ditunjuk. Kalau tidak ada yang menunjuk, guru dapat mengiming-imingi sesuatu yang menguntungkan bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan. Dan kalau tidak ada siswa yang menunjuk juga, guru dapat menunjuk salah satu dari siswa berdasarkan nomor absensi siswa yang sesuai tanggal-bulan-tahun hari ini. Guru juga memberikan kesempatan bertanya kepada siswa yang menyangkut tentang pelajaran. Sebelum guru menjawab, guru mempersilahkan siswa yang lain terlebih dahulu untuk menjawab. Bagi siswa yang telah menjawab dan bertanya guru dapat memberikan tepuk tangan dan acungan jempol dan variasi lainnya, sebagai penghargaan siswa yang telah berani bertanya dan menjawab.

Guru membuka materi hari ini dengan basmalah, kemudian menjelaskan secara singkat apa itu wawancara dan memberikan contoh-contoh yang menarik perhatian siswa. Tidak lupa pula siswa mencatat hal-hal yang penting dalam pemberian materi ini. Kalau ada yang tidak mencatat, guru dapat berkata kalau guru tidak menginginkan muridnya mendapatkan nilai di bawah tujuh. Tetapi tidak menunjuk salah satu siswa yang tidak mencatat, dapat dengan menyindir secara halus dan perlakuan lainnya sesuai dengan teknik-teknik yang guru miliki tanpa main fisik.

Guru mempersilahkan siswa bergabung dengan kelompoknya masing-masing untuk mendengarkan contoh wawancara yang telah disiapkan. Guru memberikan contoh kegiatan wawancara dengan menggunakan tape recorder untuk menstel kaset yang berisi rekaman wawancara seseorang. Siswa diharapkan tenang dan mendengarkan secara saksama contoh kegiatan wawancara. Setelah mendengarkan contoh wawancara tersebut, siswa dapat mencocokkan dengan kelompoknya masing-masing apa isi wawancara tersebut. Setelah itu, guru mempersilahkan kelompok yang sudah siap maju untuk presentasi tentang isi wawancara tersebut. Bila tidak ada yang maju, guru dapat menunjuk kelompok paling sudut, kelompok pertama, sesuai kreasi guru. Siswa lain diharapkan tenang dan menyaksikan kesimpulan dari kelompok tersebut. Perkelompok memiliki waktu hanya lima menit untuk mengungkapkan isi wawancara tersebut. Kesimpulan kelompok harus memenuhi seputar pikiran dan pendapat dari narasumber dalam wawancara yang didengarnya, informasi yang didapat dari wawancara tersebut, komentar siswa terhadap wawancara tersebut. Kemudian guru menilai siswa yang tampil, terutama yang aktif dalam berbicara dan tepat dalam penyampaian hasil mendengarkan wawancara tersebut, setelah siswa tersebut kembali ke tempat duduk masing-masing. Giliran kelompok selanjutnya yang maju, dan kelompok seterusnya dengan tidak lupa pula memuji siswa yang telah tampil. Pujian di sini dapat berupa tepuk tangan, perkataan, simbolik, dan lain-lain sesuai kreasi guru agar tidak monoton.

Setelah semua kelompok maju, guru tidak lupa menyimpulkan tentang isi wawancara tersebut. Lima menit sebelum pelajaran usai, guru dan siswa refleksi dan membicarakan materi yang dibahas akan datang disertai penugasan untuk siswa. Tugas yang guru berikan seputar materi pertemuan selanjutnya dan berusaha semenarik mungkin agar siswa senang mengerjakannya. Setelah pelajaran berakhir, guru meninggalkan kelas dan memberikan salam kepada siswa.

No comments: