Wednesday 28 December 2011

HIRARKI KEHIDUPAN

Kaya tulisan sebelumnya, gw pernah ambil teori ini dari salah satu link di situs google, dan sekarang gw mau nyoba buat berpikir, apa sih yang dimaksud Maslow ? Oh, ternyata maksud Maslow tuh menurut gw ini…

Hirarki Kehidupan

Terdiri dari:
- Kebutuhan Fisiologis:
● Sandang / Pakaian
Ngga mungkin seseorang bisa beraktivitas tanpa adanya pakaian yang menutupi auratnya. Contoh kecil aja, kita ngga mungkin kan dapat keluar untuk beraktivitas di luar rumah tanpa berbusana?
● Pangan / Makan 
Seseorang ngga mungkin dapat beraktivitas kalau perutnya dalam kondisi lapar. Contoh sederhana, sehabis pulang kuliah, kita belum shalat, belum makan. Pasti kita akan memilih untuk mengisi perut terlebih dahulu, baru shalat dalam keadaan kenyang.
● Papan / Rumah
Manusia ngga mungkin dapat bersosialisasi seperti sekarang ini jika hidupnya masih seperti manusia purba zaman dulu, berpindah-pindah (no maden), kana ngga punya tempat tinggal.
Jika kebutuhan yang paling mendasar ini telah terpenuhi, maka manusia akan mencari kebutuhan lain.
- Kebutuhan Keamanan
  Contoh kebutuhan keamanan itu seperti bebas dari penjajahan, bebas dari ancaman, bebas dari rasa sakit, bebas dari teror, dsb.
Seseorang ngga akan tenang dan dapat beraktivitas dengan bebas kalo dibayang-bayangi rasa takut, dapat berupa takut karena ancaman dari orang lain, takut karena mendapat teror terus menerus mungkin, atau karena negaranya masih dalam jajahan, atau mungkin tidak terbebas dari rasa sakit?
Meskipun ia dapat hidup, hidupnya tidak akan bebas dan bahagia.
Jika kebutuhan ini sudah terpenuhi, manusia akan mencari kebutuhan lainnya yang lebih tinggi.
- Kebutuhan Sosial
    Misalnya manusia mempunyai teman, keluarga dan cinta dari lawan jenisnya.
Betapa kesepiannya seseorang yang tidak mempunyai teman, keluarga dan cinta dari lawan jenisnya. Maka dari itu Allah menciptakan manusia berbagai jenis dan macamnya agar manusia dapat bersosialisasi. Dari cinta, maka manusia akan memiliki keluarga dan dari keluarga, manusia akan mempunyai teman dalam hidupnya.
Jika kebutuhan ini sudah terpenuhi, manusia akan mencari jati dirinya.
- Kebutuhan Penghargaan
  Contohnya pujian, piagam, tanda jasa, hadiah, dsb. Manusia perlu dihargai dengan sesamanya. Jika seseorang bekerja, maka sang pimpinan akan memberikan upah sesuai dengan pekerjaan yang telah ia kerjakan sebagai tanda jasa dari hasil pekerjaannya. Jika seseorang telah melebihi batas maksimum seorang pekerja yang handal, maka ia akan diberikan pujian/hadiah, mungkin memberikannya dengan suatu piagam sebagai tanda seseorang itu pintar dan jenius dibidangnya.
Jika manusia sudah memenuhi semua kebutuhan itu, maka manusia akan memenuhi kebutuhan pelengkapnya.
- Kebutuhan Aktualisasi
   Kebutuhan dan keinginan untuk bertindak sesuka hati sesuai bakat dan minatnya.
Contoh kecilnya saja, dengan seseorang membangun sebuah usaha melukis. Karena ia menyadari lukisannya itu bagus dan bernilai seni tinggi dan diakui banyak orang. Ia menyadari ia berbakat di bidang tersebut, maka ia mendirikan suatu usaha yang bergerak di bidang tersebut.


Menurut gw, manfaat kita belajar filsafat tu… Pertama, kita dapat berfikir serius tentang suatu hal yang mendasari pengetahuan kita sebagai manusia. Contoh: Bumi itu terbuat dari apa sih? Suatu pertanyaan mendasar dari pengetahuan kita, tetapi harus benar-benar berfikir untuk menjawabnya. Kedua, kita mampu memahami filsafat. Karena orang yang yang telah belajar filsafatlah yang mampu memahami tentang isi filsafat. Ia akan menemukan sisi menarik dari belajar filsafat. Karena ngga semua orang bisa memahami filsafat, apalagi orang awam. Ketiga, kita dapat menjadi filosofi. Sebuah pertanyaan mendasar yang mendasari kehidupan kita, dan kita dapat menjawabnya sendiri. Itu juga kita udah bisa disebut sebagai filosofi loh! Hehehe… meskipun belum dikenal semua orang… contoh sederhana, kenapa sih gw dapet nilai c mata kuliah filsafat? Oh…gw tau, waktu kuliah pelajaran ini kan gw ngga ngerti terus, udah gitu ngga mau nanya lagi, bingung sendiri deh. Ya…akhirnya pas UTS n UAS, gw jawab sekedarnya, sekedar pengetahuan gw doank. Keempat, dapat menjadi orang baik. Kita memikirkan sesuatu terlebih dahulu sebelum bertindak, agar tidak menyesal dikemudian hari. Berarti kita berpikir dulu sebelum bertindak. Dan orang baik adalah orang yang berpikir dulu sebelum bertindak, agar tidak membuat kesalahan setelah bertindak.

No comments: