Wednesday 28 December 2011

What's "FILSAFAT"?

Apa itu filsafat? Apa sih manfaat kita belajar filsafat?
BANYAK referensi yang dapat menjawab dua pertanyaan di atas. Berbagai mazhab dan pemikiran banyak tokoh saling silang menjelaskan betapa maha luasnya filsafat itu. Fisafat itu hakekat. Filsafat itu sesuatu yang benar. Kebenaran yang dibenar-benarkan. Kebenaran agung dan sesuatu yang selalu dipikirkan tiada henti. Kata falsafah atau filsafat dalam merupakan kata serapan bahasa Arab فلسة, yang juga diambil dari philosophy (Inggris), philosophia (Latin), Philosophie (Jerman, Perancis). Kesemua kata tersebut diambil dari bahasa Yunani philosophia. Kata ini merupakan gabungan dua kata philein berarti mencintai dan philos berarti persahabatan, cinta dsb dan sophos berarti bijaksana dan Sophia berarti kebijaksanaan. Sehingga arti harafiahnya adalah seorang “pencinta kebijaksanaan” atau “ilmu”.
Filsafat adalah usaha untuk memahami dan mengerti dunia dalam hal makna dan nilai-nilainya. Ia juga termasuk ilmu pengetahuan yang paling luas cakupannya dan bertujuan untuk memahami (understanding) dan kebijaksanaan (Wisdom).
Menurut Wikipedia Indonesia, definisi kata filsafat bisa dikatakan merupakan sebuah problema falsafi pula. Tetapi paling tidak bisa dikatakan bahwa “falsafah” itu kira-kira merupakan studi daripada arti dan berlakunya kepercayaan manusia pada sisi yang paling dasar dan universal. Studi ini didalami tidak dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan problem secara persis, mencari solusi untuk ini, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu dan akhirnya dari proses-proses sebelumnya ini dimasukkan ke dalam sebuah dialektik. Dialektik ini secara singkat bisa dikatakan merupakan sebuah bentuk daripada dialog. Ada banyak cara untuk memahami filsafat itu sendiri. Filsafat bahkan sering kali dipadukan dengan berbagai cabang ilmu lainnya yang hakikatnya adalah untuk memahami ilmu itu sendiri.

www.google.com

Menurut gw, manfaat kita belajar filsafat tu… Pertama, kita dapat berfikir serius tentang suatu hal yang mendasari pengetahuan kita sebagai manusia. Contoh: Bumi itu terbuat dari apa sih? Suatu pertanyaan mendasar dari pengetahuan kita, tetapi harus benar-benar berfikir untuk menjawabnya. Kedua, kita mampu memahami filsafat. Karena orang yang yang telah belajar filsafatlah yang mampu memahami tentang isi filsafat. Ia akan menemukan sisi menarik dari belajar filsafat. Karena ngga semua orang bisa memahami filsafat, apalagi orang awam. Ketiga, kita dapat menjadi filosofi. Sebuah pertanyaan mendasar yang mendasari kehidupan kita, dan kita dapat menjawabnya sendiri. Itu juga kita udah bisa disebut sebagai filosofi loh! Hehehe… meskipun belum dikenal semua orang… contoh sederhana, kenapa sih gw dapet nilai c mata kuliah filsafat? Oh…gw tau, waktu kuliah pelajaran ini kan gw ngga ngerti terus, udah gitu ngga mau nanya lagi, bingung sendiri deh. Ya…akhirnya pas UTS n UAS, gw jawab sekedarnya, sekedar pengetahuan gw doank. Keempat, dapat menjadi orang baik. Kita memikirkan sesuatu terlebih dahulu sebelum bertindak, agar tidak menyesal dikemudian hari. Berarti kita berpikir dulu sebelum bertindak. Dan orang baik adalah orang yang berpikir dulu sebelum bertindak, agar tidak membuat kesalahan setelah bertindak.

No comments: