Wednesday 28 December 2011

KARAKTER GURU

contoh angket sederhana (sebagai self asessment)
Lima karakter guru terbaik menurut saya.
- Memotivasi; Memotivasi anak untuk belajar, dengan cara senang terlebih dahulu terhadap gurunya.
- Humoris; Humor diperlukan untuk guru, agar kegiatan belajar mengajar tidak terlalu dan menegangkan.
- Gaul; guru yang gaul itu lebih mudah akrab dengan murid, tujuannya supaya lebih mudah mengetahui psikologi murid.
- Sebagai motor untuk ekstrakulikuler; guru harus memotivasi muridnya untuk mengikuti ekstrakulikuler. Tujuannya supaya murid dapat aktif berorganisasi.
- Pengertian; guru yang pengertian adalah guru yang penyayang, yang memahami psikologi muridnya.

Lima karakter guru terburuk menurut saya.
- Dingin dengan murid; salah satu cara memahami psikologi murid adalah dengan cara menganggap murid sebagai teman. Tujuannya agar guru mengetahui kendala apa yang terjadi dengan murid.
- Ambisius; guru tidak boleh terlalu berambisi untuk membuat muridnya pintar, dengan cara memindahkan semua ilmunya kepada murid. Tujuannya agar murid pintar, tapi dengan cara tersebut guru dapat setara ilmunya dengan murid.
- Merokok dalam kelas; guru adalah contoh bagi muridnya, jika guru tidak menjaga sikapnya, maka siswapun dapat segera mencontoh perbuatan buruk tersebut, dan bagaimanapun sekolah adalah sarana pendidikan.
- Terlalu serius; murid akan boring dengan pelajaran yang terlalu serius tanpa ada istirahat untuk refreshing. Degan begitu, maka murid akan tidak serius dan hanya memikirkan kapan pelajaran terselesaikan?
- Gaptek (Gagap Teknologi); guru harus menerti teknologi sekarang ini, hanya untuk memberi contoh kepada murid akan pentingnya teknologi pada zaman sekarang ini.

No comments: