Thursday 10 July 2014

BAPAK FILSAFAT DUNIA

  1. Thales
Thales digelari bapak filsafat karena dialah orang yang mula-mula berfilsafat. Gelar oru diberikan karena ia mengajukan pertanyaan yang sangat mendasar, yang jarang diperhatikan orang, juga orang zaman sekarang: What is nature of the word stuff? (Apa sebenarnya bahan alami ini?) pertanyaan ini sangat mendasar. Terlepas dari apapun jawabannya, ini saja telah mengangkat namanya me4njadi filosof pertama. Ia sendiri menjawab air. Jawaban ini sebenarnya amat sederhana dan belum tuntas. Belum tuntas karena dari apa air itu? Thales mengambil air sebagai asal alam semesta barangkali karena ia melihatnya sebagai sesuatu yang amat diperlukan dalam kehidupan, dan menurut pendapatnya bumi itu terapung di atas air.

  1. Anaximander
Anaximander mencoba menjelaskan bahwa substansi pertama itu bersifat kekal dan ada dengan sendirinya. Anaximenes mengatakan itu udara. Udara merupakan sumber segala kehidupan, demikian alasannya. Pembicaraan filosof ini saja telah memperlihatkan bahwa di dalam filsafat terdapat lebih dari satu kebenaran tentang satu persoalan. Sebabnya ialah bukti kebenaran teori dalam filsafat terletak pada logis atau tidaknya argumen yang digunakan.

  1. Heractitus
Menurut Heraclitus alam semesta ini selalu dalam keadaan berubah, sesuatu yang dingin berubah menjadi panas, yang panas berubah menjadi dingin. Itu berarti bila kita hendak memahami kosmos, kita mesti menyadari bahwa kosmos itu dinamis. Kosmos tidak pernah berhenti, ia selalu bergerak, dan bergerak berarti berubah. Gerak itu menghasilkan perlawanan-perlawanan. Itulah sebabnya ia sampai pada kongkulasi bahwa yang mendasar dalam alam semesta ini bukanlah bahan (stuff)-nya seperti yang ditanyakan oleh filosof pertama itu, melainkan prosesnya.

  1. Plato
Menurut Plato, kebenaran umum (definisi) itu bukan dibuat dengan cara dialog yang induktif seperti pada Socrates, pengertian umum itu sudah tersedia di sana di alam idea. Definisi pada Socrates dapat diartikan tidak memiliki realitas.


No comments: