Friday 2 January 2015

SERBA SERBI MINUMAN


1.      Sake
Berasal dari Jepang, minuman beralkohol hasil fermentasi beras Jepang ini sering disebut dengan anggur beras. Sejak zaman dulu sampai sekarang, sake sudah dihormati dan menjadi adat kebiasaan masyarakat Jepang saat perayaan ulang tahun, pembukaan toko, olahraga, kemenangan, dan perayaan lainnya. Akan tetapi sake sulit dinikmati karena keberadaannya yang langka, karena tidak semua kafe dan barista menyediakan minuman khas Negri Matahari Terbit ini. Padahal banyak dari para pencinta minuman yang ingin merasakan lagi kehangatan dan manisnya sake saat sampai ke batang tenggorok. Satu botol sake dapat membuat peminumnya mabuk kepayang, maka dari itu sake digemari saat perayaan tertentu karena minuman ini tidak membuat cepat mabuk.

2.      Liquor
Minuman beralkohol yang saat dibotolkan ditambah gula dan perisa tambahan, lebih tepatnya disebut minuman suling. Liquor sering salah diartikan sebagai jenis anggur dan bir, padahal anggur dan bir memiliki batas alkohol 20% sehingga tidak dapat disulingkan, karena ragi tidak dapat konsentrasi saat alkohol melebihi batas itu dan alhasil proses fermentasi berhenti pada saat itu juga. Liquor lebih mudah didapatkan dibandingkan sake, karna Liquor minuman modern dibandingkan Sake minuman tradisional yang semua orang suka. Liquor lebih cepat memabukkan dibandingkan sake dan biasanya peminum liquor akan cepat merasakan lapar setelah menenggak minuman ini. Setengah botol liquor sudah dapat membuat pusing dan memabukkan peminumnya, karena kadar konsentrat yang tinggi.

3.      Cocktail
Cocktail merupakan minuman beralkohol yang dicampurkan dengan minuman atau bahan lain yang beraroma. Sebutan cocktail diperuntukan bagi minuman yang terbuat dari liquor, air dan bitter. Biasanya pembuatan cocktail memadankan dua atau lebih ramuan. Maka dari itu cocktail terasa sekali baunya saat dicampur dengan diaduk atau diguncangkan dengan campurannya. Cocktail biasanya disajikan digelas, biasanya yang sering dijadikan cocktail adalah gin, wiski, vodka, dan rum. Apalagi yang membuat cocktail adalah bartender, rasa cocktail langsung begitu mewah dan enak, karena kadar alkohol pada cocktail jauh lebih sedikit dibandingkan dengan minuman lainnya. Banyak restauran dan barista yang menyediakan cocktail, sehingga penggemar minuman dapat dengan mudah meminum cocktail.

4.      Mocktail
Virgin cocktail yang biasa disebut dengan mocktai berbeda dengan coctail. Cocktail adalah minuman beralkohol, sedangkan moctail bukan minuman beralkohol. Mocktail adalah campuran minuman tidak beralkohol yang dimix dengan minuman atau simple syrup lain, bisa bersoda, bisa juga tidak bersoda. Hampir semua bahan minuman dapat dijadikan mocktail, maka dari itu mocktail lebih mudah didapatkan di restauran dan kafe umum. Mocktail sangat mementingkan rasa manis, agar rasa manis yang ada pada mocktail tidak merubah rasa, maka mocktail tidak menggunakan alkohol, karena bagaimanapun minuman beralkohol adalah minuman yang mengeluarkan rasa pahit. Mocktail juga dapat dibuat sendiri di rumah, biasanaya ibu rumah tangga sering membuat mocktail saat acara keluarga, perayaan ulang tahun, arisan, dan peringatan lainnya.

No comments: