Wednesday 4 December 2013

POLA KERJA DI JEPANG


Kenapa Jepang? Yup, karena Negara Jepang adalah negara paling berkembang dan maju khususnya di bidang ilmu pengetahuan, teknologi mesinnya, manusia modern dengan gedget tinggi, bla...bla...bla... Semua fakta yang ada tentang negara sakura ini tidak terlepas dari pola kerja yang ada di perusahaan-perusahaan Jepang. Mereka selalu berpatokan pada pola kerja yang sudah ditetapkan di masing-masing perusahaannya. Yuk simak kebiasaan kerja di Jepang!

Jam Kerja di Perusahaan
08.00-08.25          Mengecek email dan persiapan pekerjaan hari ini
08.25-08.50          Aktifitas (olahraga, hymne perusahaan, dharma perusahaan, dan briefing)
08.50-12.15          Bekerja
12.15-13.00          Makan siang, ibadah, istirahat
13.00-15.00          Melanjutkan pekerjaan
15.00-15.15          Ibadah dan istirahat
15.15-17.00          Melanjutkan pekerjaan
17.00-end             Menulis laporan, membersihkan meja, pulang, maksimal sampai 19.00

Training Edukasi Bagi Karyawan Baru
Training edukasi bagi pegawai yang baru memulai karir disuatu perusahaan penting untuk kemajuan perusahaan nantinya. Mind set yang ada di perusahaan atau lingkungan pekerjaan yang lama akan cepat menyesuaikan dengan pekerjaan yang baru. Biasanya karyawan baru yang memulai bekerja tanpa training hanya membuat karyawan lain yang ada di dekatnya repot dan tidak kosentrasi pada kerjaannya.

Pesta Perusahaan
Perayaan pesta di perusahaan sering dilakukan di Jepang. Pesta yang diadakan biasanya setelah jam kerja dan menjelang malam hari. Biasanya pesta tersebut dilakukan saat adanya pergantian karyawan baru dan pelepasan karyawan lama. Hal tersebut membuat karyawan baru cepat bersosialisasi dan berbaur dengan karyawan lama tanpa canggung dengan jabatan masing-masing. Sedangkan bagi karyawan lama, memungkinkan bagi mereka untuk tetap menjadi rekan di lain tempat.

Kebiasaan Tidur Di Jepang
Kebiasaan tertidur saat bekerja tidak dianggap sebagai pelanggaran di perusahaan Jepang. Pasalnya, mereka menganggap karyawan yang tertidur saat bekerja adalah mereka yang memiliki loyalitas penuh dalam bekerja sampai larut, kurang tidur, dan terlalu lelah. Tidur saat siang hari juga merupakan charge energi pada tubuh yang diperlukan untuk kembali bekerja penuh stamina. Mereka menganggap hal ini menjadi komitmen terhadap perusahaan.

Berbicara Kepada Karyawan
Perusahaan di Jepang biasanya menetapkan peraturan untuk menegur karyawan di ruangan tertutup dan berbicara dua mata. Atasan yang terbukti menegur bawahannya di ruangan terbuka sampai terlihat karyawan yang lain akan mendapatkan surat peringatan. Sebaliknya, pujian yang diperuntukkan bagi karyawan atas prestasinya di haruskan untuk memujinya di depan karyawan lain agar karyawan tersebut lebih bersemangat lagi dan memiliki penghargaan yang tinggi atas dirinya.

Pakaian Kerja
Di Perusahaan Jepang, banyak sekali peraturan pada perusahaan yang membebaskan karyawannya memakai pakaian senyaman mungkin. Hal ini dilakukan demi kelancaran karyawan tersebut saat bekerja. Banyak dari mereka yang hanya menggunakan celana pendek dan baju kaos se-fleksibel mungkin. Sedangkan sebagian karyawan memakai pakaian rapi dan sopan saat pesta perayaan perusahaan. Duh...duh... jadi berbanding terbalik gitu yaaa

No comments: