Thursday 12 December 2013

TRADISI UNIK NATAL DI DUNIA


Natal (Christmas) dalam bahasa Portugis berarti kelahiran, hari kelahirannya umat kristen yang diperingati tanggal 25 Desember setiap tahunnya. Kebanyakan tradisi saat natal adalah pohon natal, kartu natal, kado natal dan apalagi kalau bukan kehadiran sosok Santa Claus. Akan tetapi tradisi natal di berbagai negara memiliki kisah unik masing-masing. Yuk intip lebih dalam tentang perayaan natal di belahan dunia, check this out!

Tidak Ada Santa Claus di Spanyol
Ada yang sedikit berbeda nih guys perayaan natal di Spanyol. Warga Spanyol merayakan natal dengan menghabiskan satu hari di malam natal dengan makan malam dan bergadang bersama keluarga. Tradisi ini sudah turun menurun loh dipertahankan, tapi kian lama tradisi ini pun hilang karena sudah terpengaruh budaya asing dari luar, hingga sebagian dari mereka identik dengan kado dan sosok Santa Claus. Pasalnya, bagi mereka natal adalah hari dimana semua keluarga berkumpul, baik sanak saudara jauh ataupun kerabat dekat.

Pohon Natal Mangga dan Pisang di India
Perayaan natal di India sama halnya seperti perayaan natal di negara lain, yang membedakan adalah pohon cemara yang biasa dipakai sebagai pohon natal berubah menjadi pohon mangga atau pisang. Pada umumnya, umat Nasrani mendekorasi rumah mereka dengan daun mangga, kemudian lampu minyak diletakkan di atap rumah. Akan tetapi banyak juga sebagian dari mereka memakai pohon pisang sebagai pohon natal. Kedua pohon ini sangat laris terjual di Negara India saat perayaan natal.

Puasa Natal di Iran
Di Negara Iran, tradisi berpuasa dan tidak makan daging sejak tanggal 1 Desember sudah menjadi suatu kebiasaan, mereka menyebutnya puasa kecil. Dilanjutkan dengan puasa besar 6 hari sebelum paskah, lalu berakhir pada tanggal 25 Desember. Perayaan natal dengan tukar kadopun tidak dilakukan loh guys di Iran, akan tetapi biasanya anak-anak selalu mendapatkan kado dari para orangtua, tanpa tukar kado.

Ritual Mengusir Setan Saat Natal di Jepang
Tradisi pengusiran roh jahat di Jepang saat natal tergolong unik loh, karena hanya terjadi di Jepang nih. Tradisi pengusiran setan dilakukan dengan berbaris mengelilingi rumah seperti halnya upacara yang dipimpin oleh kepala keluarga (Ayah/Ibu). Setelah itu biasanya mereka melemparkan kacang di setiap sudut rumah untuk mengusir arwah jahat yang tinggal di rumah. Bye bye roh jahat! Karena natal identik dengan warna merah, maka makanan khas natal di Jepang adalah KFC dan buah strawberry.

No comments: