Monday 6 July 2015

BUKIT MUNARA

photograph by +Eric Ferdian 
Bukit munara, yang sekarang marak disebut-sebut sebagai gunung munara terletak di desa kampung sawah kecamatan rumpin. Gunung munara sudah masuk ke area bogor loh, tapi lebih dekat dengan parung. Nah buat kalian yang suka one day hiking. Gunung munara cocok banget, karena tracknya yang tidak sulit sama sekali. Tapi jangan coba-coba sehabis hujan/cuaca sedang buruk kalian memaksa untuk naik, tanahnya sangat debel dan becek, akan menyulitkan ketika kalian melangkah. Ketinggian gunung munara 1.119 meter didiatas permukaan laut. Untuk mencapai warung terakhirnya mungkin tidak sampai 1.000 mdpl, karena tingkat kecuraman terletak di puncak gunung munara. Puncak gunung munara ada dua loh, namanya puncak batu belah dan puncak batu azan (puncak tertinggi). Pas banget buat kalian yang hoby climbing, karena kemiringan puncaknya yang hampir mencapai 90 derajat. Dari sini bisa terlihat puncak gunung salak loh.

photograph by +Eric Ferdian 
Ini dia yang namanya batu belah, sorry ya nggak sempat shoot batu azan, karena perjalanan kemarin disudahi sampai dengan batu belah saja :(

Konon katanya, bukit munara ini adalah situs bersejarah. Karena selain gunung, disini ada goa dan petilasan. Dahulu kala Bung Karno pernah bersemedi di goa Soekarno. Selain itu ada petilasan dari tapak sikabayan. Menara azan puncak azan juga sering digunakan para wali untuk berkumandang azan di atas, karenanya dulu belum ada alat pengeras suara yang seperti kita kenal sekarang dengan speaker. Pos-pos di gunung munara lebih bisa disebut dengan warung, karena saking banyaknya warung di sini dan berjarak berdekatan. 

Untuk masuk ke gunung munara, motor dikenakan 5.000 rupiah, sedangkan mobil dikenakan 10.000 rupiah. Sedangkan untuk pendakinya, hanya ada kotak "seikhlasnya" yang terserah kalian mau isi berapa rupiah. Jalanan menuju gunung munara lumayan sudah rapi dan ramai penduduk, tidak seperti gunung pada umumnya, jadi kalian tidak akan kesusahan untuk minta bantuan dari penduduk sini yang tergolong ramah tamah. Yuk atur waktu buat tinggalkan pekerjaan dan intip indahnya dunia dari dekat saja.

photograph by +Eric Ferdian 

No comments: