Wednesday 5 August 2015

Tanah Lot

welcome to tanah lot
Objek wisata tanah lot di bali merupakan objek wisata populer bagi wisatawan. Pasalnya menikmati matahari terbenam di sini sangatlah indah.

di belakang saya tepat tempat matahari terbenam
Bagi umat hindu, tanah lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa laut. Pura di sini ada dua, satu di tepi pantai, satunya lagi agak sedikit menyebrangi pantai.

di belakang saya adalah pura tepi laut
Dulunya pura ini satu, dengan kekuatan magic, seorang yang bernama Danghyang Nirartha berhasil memimdahkan bongkahan batu besar ke tengah pantai dan membangun pura di atas bongkahan batu besar tersebut.

di belakang saya pura tengah pantai
Konon cerita dahulu kala ada seorang penguasa tanah lot yang bernama Bendesa Beraben yang iri kepada pengikut Danghyang Nirartha, ia mengusir Danghyang Nirartha dari tanah lot. Danghyang Nirartha merasa tidak senang hati, dan dengan kekuatan majic ia memindahkan bongkahan batu ke tengah pantai lalu membuat lagi sebuah pura di atasnya. Sebelum ia pergi menyebrangi pantai, ia meninggalkan selendangnya di tepi pantai dengan menyulapnya menjadi ular yang memiliki racun lebih kuat dari pada cobra sebagai penjaga pura. Pura di sini bukan hanya untuk tempat beribadah loh. Tetapi untuk upacara kematian dan pernikahan.

di belakang saya toak di taruh di atas agar upacara pemujaan terdengar sampai ke tengah pantai
Ular penjaga pura sampai sekarang masih hidup. Untuk melihatnya dikenakan harga seikhlasnya. Kebanyakan umat hindu yang berkunjung masuk ke dalam goa dan menyentuh ular tersebut sambil berdoa untuk memperlancar rejeki, cepat jodoh, dan disehatkan badannya. Tenang saja, ular ini tidak akan keluar goa dan memangsa, karena selalu ditemani pawangnya.

ular penjaga pura
Tempat yang wajib dikunjungi di bali ya tanah lot ini, tempat yang sangat terkenal. Jangan lupa, kemanapun jalannya, jaketnya ini. :)

jalan-jalan men!
jalan-jalan women!

No comments: