Monday 3 August 2015

TAPAK SIRING (TIRTA EMPUL)

Welcome in Tapak Siring (Tirta Empul)
Tapak siring merupakan objek wisata yang terdapat di kabupaten Gianyar, kecamatan Manukaya dengan luas 42,63 km2. Tapak siring biasa dikenal sebagai pura yang bernama tirta empul. Tapak siring dalam bahasa bali berarti telapak miring. Konon dahulu kala ada seorang raja sakti yang jahat berambisi menjadi dewa, maka sang dewa mengirim pasukannya untuk berperang melawan sang raja. Sang rajapun kalah dengan dewa tersebut lalu melarikan diri ke hutan. Untuk menghilangkan jejak dari kejaran prajurit dewa, sang raja berlari dengan cara memiringkan telapak kakinya. Selain itu sang raja juga menciptakan sumber mata air beracun untuk mematikan prajurit sang dewa. Upaya raja pun berhasil, setengah dari prajurit dewa meminum air tersebut lalu meninggal dunia. Sang dewapun menciptakan air penawar racun yang sekarang diberi nama (tirta empul = air suci). Dan telapak miring yang diciptakan sang raja berhasil ditemukan sang dewa, maka saat itu berakhirlah riwayat raja jahat tersebut, dan telapak miring yang diciptakan sang raja saat ini diberi nama tapak siring.

sebelum memasuki pura
Sebelum memasuki tapak siring, kita diharuskan memakai kain kuning. Saya pun ikuti saja perintah si bli untuk memakai kain kuning pengikat pinggang. Bagi yang tidak berpakaian tertutup diharuskan memakai kain sarung. Tanda penghormatan untuk masuk ke tempat suci. Dan bagi wanita haid, di larang untuk mendekati pura, apalagi sampai masuk pura. 

sesudah memasuki pura
Konon katanya berdoa sambil mandi di air suci ini akan cepat terkabul semua permintaan kita "KONON KATANYA" loh ya, bukan kata saya. Seperti minta di dekatkan jodohnya, diperbanyak rejekinya, disehatkan badannya, dipanjangkan umurnya, dll.

air suci (tirta empul)
Saya pun iku mencoba menikmati dinginnya air pegunungan ini, cuci muka pakai bismillah saja, buat segarkan muka dari kotoran, bukan berdoa macam-macam loh ya ;)

rasanya air pegunungan bikin rindu ketinggian loh 
Sebelum atau sesudahnya kita mandi diharuskan bersembahyang dengan menaruh dupa dan sesajen. Taruhnya tepat di samping kanan foto saya di atas. Sesajennya enak-enak loh, rokoknya Dji Sam Soe, pakai biskuit, dan pisang. Hihihi #laparrr

di samping kiri banyak sesajen bekas sembahyang masyarakat hindu
Luasnya lahan tapak siring membuat wisatawan tidak berebut dalam berfoto. Sayapun memilih tempai sepi dari keramaian terlebih dahulu untuk foto yang maksimal.

di belakang saya tangga menuju istana tapak siring
Istana tapak siring dibangun zaman dahulu kala ide dari Presiden Soekarno. Pembangunan istana ini bertujuan untuk tempat singgahnya para tamu negara. Dari sinilah dimulai Indonesia yang terkenal dengan pulau balinya. Negara asing tentunya dahulu kala lebih mengenal Bali dari pada Indonesai karena keindahan alam dan budayanya. Padahal pulau bali adalah bagian dari Indonesia. Maka dari itu orang Indonesia yang belum pernah ke Bali "sungguh terlalu" hehehe. #karena Bali itu indah.


No comments: