Sunday 15 May 2011

Resensi Novel Jerawat? Gue Banget!!!


"Gunung-Gunung Kecil"
Novel tentang masalah membasmi jerawat di wajah
Judul Buku       : Jerawat? Gue Banget!!!
Penulis             : Mya Ye
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan           : I, Februari 2009
Tebal Buku      : 240 Halaman
Novel ini mengisahkan tentang satu bagian yang paling dibenci kiki, yaitu mukanya. Karena disitulah jerawat-jerawatnya betah bersemayam selama ini. Hidupnya sangat pas-pasan, dia harus kerja sambil kuliah untuk memenuhi kebutuhannya, apalagi untuk urusan jerawat di wajahnya. Untung dia punya tiga sahabat yang baik, yang membantunya mengatasi masalah jerawatnya. Menurut pengamatan mereka, jerawat kiki muncul akibat stress. Dan stress bisa hilang kalau dia punya pacar. Tapi, cowok mana yang mau dengan cewek yang mukanya penuh dengan jerawat.
            Tapi pernyataan itu tidak selamanya bersemayam dipikirannya. Oka, teman kerja yang selama ini selalu menjadi teman bertengkar ternyata diam-diam suka dengan kiki. Tapi kiki tidak suka dengan Oka yang memang tidak sesempurna Adri. Tapi pernyataan itu langsung dibantahnya ketika ia menyadari bahwa dirinya juga tidak sempurna.
Itulah isi novel Mya Ye yang ditulis awal tahun 2009. Pembaca dihadapkan pada kenyataan tentang wajah yang berjerawat. Siapa sih yang tidak pernah berhubungan dengan jerawat? Semua orang pasti pernah berhubungan dengan makhluk menyebalkan ini, apalagi remaja yang sedang puber-pubernya. Dengan cara apa pun akan kiki lakukan demi terbebasnya ia dari jerawat yang selalu setia menemaninya. Tapi hal itulah yang menyebabkan kiki tidak terlepas dari yang namanya jerawat. Kenyataannya, remaja sekarang banyak melakukan berbagai cara dari kosmetik dampai obat-obatan yang menjanjikan dapat menghilangkan jerawat dalam sekejap. Hal itu pun sudah kiki lakukan sampai dirinya merasa bosan, tetapi tetap saja pada akhirnya wajahnya masih berjerawat.
Novel ini dapat dikategorikan novel remaja, meskipun tidak semua persyaratan novel remaja dihadirkan pengarang. Bahasa yang dipakai mudah dipahami dan sangat sederhana, membuat pembaca tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berfikir. Novel ini memakai sudut pandang dia-an maha tahu, pengarang dapat menjelma seketika menjadi salah satu tokoh dalam novel. Itu salah satu yang memudahkan pembaca memahami isi cerita, pembaca dapat masuk langsung dan berperan sebagai tokoh dalam novel. Masalah yang dibicarakan dalam novel ini juga sudah akrab di telinga masyarakat saat ini, khususnya remaja. Banyaknya informasi khususnya mengenai jerawat yang dapat dipetik dari novel ini, menjadikan novel ini bagus untuk bahan bacaan, khususnya para remaja yang memang sedang menghadapi masalah di wajahnya seperti yang dialami kiki.
Kekurangan dalam novel ini adalah banyaknya pengetikan yang salah. Novel ini belum dapat dikatakan karya sastra, menyangkut keindahan gaya bahasa yang belum terlihat dalam novel ini. Novel ini juga tidak membahas secara tuntas tentang bagaimana cara tepat membasmi jerawat, ending dalam cerita, tokoh utama masih tetap berjerawat. Karena novel ini dikategorikan sebagai novel remaja, seharusnya pengarang memakai tokoh remaja, seperti anak SMA, SMP, dan sebagainya, karena itu salah satu persyaratan dari novel remaja. Novel ini bertemakan cinta dan persahabatan yang tentunya tidak terlepas dari permasalahan jerawat, ini adalah ide bagus pengarang karena masalah-masalah dan tema yang dihadirkan sangat melekat dalam diri remaja dan digemari remaja sekarang.

No comments: