Friday 13 May 2011

Waduk Jati Luhur

Photograph by @liezaazzahra
Apa sih yang kalian ketahuiketika mendengar waduk Jati Luhur? Ya, memang benar ini adalah waduk, tapi bukan sembarangan waduk. Waduk ini adalah waduk terbesar di Indonesia yang terletak di Kecamatan Jati Luhur, Jawa Barat. Wah….gara-gara waduk ini, Jati Luhur menjadi daerah terkenal di Indonesia. Konon, waduk ini asalnya dari bendungan air di tengah-tengah permukiman penduduk yang lama-kelamaan menjadi sebesar ini dan akhirnya menjadi waduk. Masyarakat akhirnya memanfaatkan waduk ini menjadi sumber listrik (PLTU). Sangat berguna ya waduk ini!
Sekarang, waduk ini menjadi tempat wisata dari berbagai macam penjuru. Saya sangat senang ketika sampai di waduk ini. Selain hanya waduk, ada permainan seru semacam jumping di sini. Bagi teman-teman yang ingin berenang, di sini juga ada water park loh…. Tepatnya berada di atas waduk ini. Untuk teman-teman yang mempunyai berbagai macam penyakit, di waduk ini juga ada pemandian uap, yang katanya berkhasiat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Satu lagi, untuk kalian yang sudah berumah tangga, penakaran ikan di sini dapat kalian jumpai langsung hanya dengan naik perahu, untuk menyebrangi waduk dan berada di tengah-tengahnya. Sesampainya saya di waduk Jati Luhur saja, saya tidak akan melewati sedikitpun apa yang ada di sini. Weleh-weleh….lengkap sekali ya...
Adapun harga tiket masuk ke waduk ini tidak sampai membuat kantong anda kering, karena di sinilah tempat wisata yang murah meriah. Bagi teman-teman yang sudah memiliki anak kecil, di sini ada wahana bermain anak dan tidak dipungut biaya. Wah…wah…enak ya, benar-benar murah meriah. Kalau teman-teman sampai ke waduk Jati Luhur, jangan heran kalau kalian mencium bau tidak sedap agak berbau asam. Karena itu adalah efek yang dikeluarkan air wadu ini. Baunya hampir sama seperti air laut. Jangankan baunya, sekilas saja teman-teman melihat waduk ini, hampir menyerupai laut karna terlampau besar dan karena ombaknya juga yang ikut-ikutan besar. Ayo, tunggu apa lagi, penasaran kan ingin melihat lebih detail semacam apa sih waduk Jati Luhur? Luangkan waktu kalian untuk melihat keindahan alam negara kita. Refreshing sejenak menghilangkan beban pikiran kita.

No comments: