Friday 30 August 2013

Manfaat Olahraga

photograph by @liezaazzahra

Mungkin bagi kebanyakan orang yang mendengar kata-kata ‘olahraga’ berpikir kalau olahraga itu hanya dikhususkan untuk para atlet dan penggemar olahraga. Padahal kata ‘olahraga’ ditujukan untuk semua makhluk hidup. Kenapa semua makhluk hidup? Karna olahraga berasal dari gabungan kata ‘olah’ dan ‘raga’. Berarti semua makhluk yang memiliki raga butuh pengolahan. Pernahkah anda memperhatikan gerak gerik binatang yang menggelitik ketika bertingkah sama halnya seperti manusaia? Salah satunya adalah mengolah tubuhnya (beraktivitas). Selanjutnya bagaimana cara pengolahan untuk raga manusia?
Manfaat yang terpenting dalam olahraga adalah mengeluarkan keringat. Bagaimana caranya agar mengelurkan keringat? Caranya banyak sekali, bisa dengan basket, voli, tenis, sepak bola, bulu tangkis, panjat tebing, dan olahraga lainnya. Bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki keahlian dibidang tersebut?  Anda bisa mencoba untuk berjalan, berlari, menari, push up, scot jump, dan aktivitas lain yang dapat merangsang keringat untuk keluar dari kulit.
Taukah anda bahwa kulit kita juga bernapas?
Dalam jurnal penelitian eksperimental psycology, telah dilakukan sebuah penelitian tentang keringat terhadap 37 prang pria dan wanita. Kesimpulan dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa ternyata keluarnya keringat melalui pori-pori kulit berfungsi mengganti suhu tubuh dengan pendinginan yang baru (bersirkulasi) dan berkeringat sangat baik bagi kesehatan tubuh.
Kesimpulan lain dari penelitian tersebut juga menyatakan bahwa pria lebih banyak mengeluakan keringat dari pada wanita. Hal tersebut menandakan bahwa tubuh wanita sangat buruk dalam mendinginkan tubuh dari panas yang ditimbulkan oleh aktivitas. Karena fungsi utama keringat adalah untuk menurunkan suhu tubuh yang meninggi ketika beraktivitas berat. Manfaat lain dari berkeringat adalah:
1.       Berkeringat membuat suhu tubuh tetap dingin
2.       Berkeringat dapat mencegah dan membersihkan jerawat dan penyakit kulit lainnya
3.       Berkeringat meningkatkan sirkulasi darah
4.       Berkeringat dapat membersihkan racun berbahaya
5.       Berkeringat dapat melawan infeksi pada kulit
6.       Berkeringat membantu menyembuhkan berbagai penyakit yang ada pada tubuh kita
7.       Berkeringat dapat mencegah asma

Bagi anda yang pemula, jangan berolahraga terlalu berat terlebih dahulu. Anda harus memulai dengan olahraga ringan terlebih dahulu berselang minimal tiga hari, baru kemudian anda mencoba berolahraga berat yang lumayan dalam memproduksi keringat anda. Selamat mencoba, indahnya berbagi.

4 comments:

Unknown said...

terima kasih infonya gan :)
mau tanya nih gan, biasanya kalau kita olahraga kan memakai baju olahraga, misalnya olahraga senam, banyak wanita - wanita yang memakai baju senam wanita yang tentunya sudah di design untuk menyerap keringat, lantas adakah pengaruhnya unutk kesehatan ??
thanks :)

liezaazzahra said...

sama-sama pembaca setia :)
kalau setahu saya sih, untuk diet lebih baik pakaian yang tebal, agar pembakaran kalorinya lebih banyak untuk keringat yang dikeluarkan. Tapi kalau design-design baju senam saya kurang mengerti, gimana kalau tanya om google? :D

Unknown said...

mksh atas infox gan, apakah ada informasi tentang sanggar senam yang favorit, dan dimana tempat yang menyediakan baju senam murah disini?, trims infonya :)

liezaazzahra said...

Maaf mas saya kurang tahu,saya cuma tulis artikel saja tentang olahraga yang saya ketahui dan yang saya baca...