Tuesday 28 January 2014

KALEIDOSKOP 2013

photograph by @hudaellieza model by @liezaazzahra

Januari: Jebolnya Tanggul Latuharhary
Masih ingat dengan banjir di tengah ibu kota yang sibuk, saat awal Januari 2013 lalu? Banjir yang menggenangi bundaran HI akibat jebolnya tanggul Latuharhary di Menteng (Jakarta Pusat), menjadikan lumpuhnya aktivitas kendaraan dan pekerja kantor. Banjir besar ini juga sempat menelan korban nih, korban diduga terjebak disebuah gedung di parkiran mobil basement. Usut demi usut, jebolnya tanggul diakibatkan pintu air yang tidak di buka. Imbas dari jebolnya Latuharhary juga menyebabkan ikut terendamnya pula istana negara, sampai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggulung celana loh guys untuk berjalan masuk ke istana negara.

Februari: Meteor Jatuh di Rusia
15 Febuari 2013 lalu, warga Chelyabinsk (Rusia) sempat dikejutkan dengan pecahan meteorit dengan kisaran bobot 10.000 ton. Kejadian ini merenggut kurang lebih 1.000 korban dikarenakan sebagian gedung-gedung yang berguncang dengan hebat dan meninggalkan pecahan kaca. Meteorit selebar 17 meter (dengan bobot lebih dari 1.000 muatan truk) terbakar di langit Rusia, dengan ketinggian 18 dan 32 mil di atas permukaan tanah Rusia. Ledakan meteor ini menciptakan cahaya yang menyilaukan membentuk lengkungan dan dapat dilihat dengan mata telanjang loh... Dari kejadian tersebut, menandakan bahwa bumi ataupun planet yang lainnya rentan terhadap meteor.

Maret: Eyang Subur
DEMI TUHAAAN!!!.... di akhir bulan maret menyuburkan sensasi di Indonesia. Bagaimana tidak? Setelah pengakuan Adi Bing Selamet mengenai praktek perdukunan yang di lakukan Eyang Subur, fakta-fakta mengenai Eyang Subur langsung berdatangan, dari pengakuan Eyang sebagai orang sakti dan hebat, memiliki 8 orang istri dan kedelapan-delapannya tidak ada yang mau bercerai dengan Eyang, rumah kayu eyang seharga 20 Milyar, Eyang juga memiliki hiperseks dengan seringnya mengkonsumsi viagra, murid-murid Eyang Subur banyak dari kalangan Artis, bla bla bla.....  Eyang Suburpun menjadi hot topik saat maret 2013 di dunia infotainment Indonesia, selidik demi selidik, banyak Artis yang berdatangan menjumpai Eyang untuk meninggikan popularitasnya, diantaranya adalah komedian.

April: Bom Boston Marathon
Kenapa dinamakan Bom Boston Maraton? Yup, karena saat kejadian peledakan bom di wilayah Boston saat pagi hari ketika masyarakat Amerika sedang lari marathon. Dua bom meledak di sela ajang marathon bergengsi ini saat Senin, 15 April 2013. Bom kedua meledang 10 detik dari ledakan bom pertama, 7 benda rakitan yang diperkirakan bom untungnya berhasil di non aktifkan oleh petugas. Akibat kejadian Bom Boston Marathon ini menghabiskan 3 nyawa meninggal dan 100 diantaranya luka-luka. Tapi ajang lari marathon ini tetap akan diselenggarakan tanggal 21 April 2013.

Mei: Gerhana Matahari
Guys, masih ingat dengan gerhana matahari saat bulan mei lalu? Waktu tanggal 9-10 Mei lalu telah terjadi Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang dapat diamati di Samudera Pasifik, Benua Asia, dan Benua Australia. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) terlihat di Samudera Pasifik dan Benua Asia termasuk Indonesia, kecuali bagian Sumatera Utara, tepatnya tanggal 10 Mei 2013 yang dapat disaksikan pada pagi hari. Sedangkan di Benua Australia mengalami Gerhana Matahari Cincin (GMC) dengan durasi 6 menit lebih. Nah, ternyata gerhana matahari ini dapat dilihat dengan mata telanjang loh, karena sudah banyak saksi-saksi yang melihat langsung gerhana matahari ini saat pagi hari.

Juni: Tsunami Himalaya di Uttarakhand India
Banjir bandang yang menenggelamkan Uttarakhand India memang sangat besar potensinya, sampai disebut sebagai tsunami Himalaya, karena jumlah kerugian atas kerusakan yang terjadi diperkirakan sama halnya seperti tsunami Himalaya di Samudera Hindia tahun 2004. Banjir bandang dan longsor yang terjadi di kota peziarahan Kedarnath, saat hujan lebat yang mengguyur bagian utara India saat pertengahan Juni lalu. Korban hilang dan yang mengapung beserta terkubur lumpur diperkirakan 5.700 orang. Banjir bandang diakibatkan meluapnya sungai sekitar pegunungan Himalaya sebesar 200 meter. Akibat kejadian ini, butuh waktu 5 tahun untuk memulihkan keadaan Kedarnath seperti sedia kala loh guys.

Juli :Goyang Caesar
Publik kali ini pasti masih dibumingkan dengan goyangan hits Caesar. Awal karir Caesar beranjak saat pertengahan Juli 2013. Salah satu acara peneman saat sahur yang disiarkan langsung disebuah stasiun TV swasta menggoyang rakyat Indonesia. Bagaimana tidak? Goyangan Caesar yang terbilang langka menjadi icon penonton sejagad raya dan mampu mempertahankan acara tersebut sampai saat ini. Malahan karna ulah Caesar ini, tidak sedikit acara live show dan music di TV swasta yang menghadirkan berbagai macam goyangan. Wah wah, selamat ya Caesar buat karirnya di tahun 2013. Dipertahankan yaaa....

Agustus: Vickynisasi VS Gotic
23 Agustus lalu, akhirnya pedangdut cantik si goyang itik resmi mengumumkan pertunangan yang akan diselenggarakan awal september nanti dengan Vicky. Acara pertunangannyapun berjalan dengan mulus, akan tetapi tidak mulusnya justru selepas acara pertunangannya dengan Vicky, publik langsung digemparkan dengan kenyataan bahwa Vicky adalah seorang penipu dari mulut wanita-wanita yang pernah terkena rayuan Vicky. Vicky juga disinyalir sudah berbulan-bulan menjadi incaran polisi atas kasus penipuan. Selain itu, Vicky juga dituding sudah berkeluarga dan memiliki anak hasil buah cintanya. Lebih menggelitiknya lagi saat mendengar pidato Vicky yang berhasil terekam saat kampanye penyalonan lurah di Karang Asih. Pernyataan Vicky dengan Bahasa Inggrisnya, bukannya menjadikannya terpilih, malah menjadikannya bahan cemooh masyarakat.

September: Euforia Timnas U19 Juara AFF
Pencinta sepak bola Indonesia memang sangat merindukan kemenangan yang sudah puluhan tahun tidak digenggamnya. Namun, dunia olahraga Indonesia berhasil membawa nama Negara Indonesia di mata dunia saat Minggu (22/9/2013) malam. Kapten Evan Dimas dkk berhasil menjebret pertahanan Vietnam dan menjuarai piala AFF 2013 sampai turun minum dengan score 7-6 via adu pinalti. Kejadian tersebut membuktikan kerja keras sang pelatih (Indra Sjafri) di mata Presiden Susulo Bambang Yudhoyono (SBY). Akhirnya, jaket, baju, dan acessoris bertemakan ‘INDONESIA’ laris dipasaran tanpa malu bagi pendukung dan fans timnas untuk mengenakannya. Selamat ya timnas U19 atas prestasinya!

Oktober: Korupsi AM di MK
Lembaga hukum tertinggi Negara Indonesia kembali ternodai dengan adanya tindak pidana korupsi. Keputusan akhir di Mahkamah Konstitusi menjadi tongkat agung kekuasaan hukum di Indonesia. Tersangka AM sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi menghilangkan kepercayaan masyarakat Indonesia dengan lembaga hukum di negaranya saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penyergapan saat Rabu (02/10/2013) malam. Atas kejadian tersebut, banyak dari para pejabat yang terseret bahkan disinyalir melakukan praktek tindak pidana korupsi. Karena kejadian ini pula posisi Indonesia sebagai negara terkorup di Dunia menjadi naik. Berdoa yuk, semoga kejadian seperti ini tidak terulang kembali ya di lembaga hukum Indonesia.

November: Paul Walker Dead
Aktor laga film layar lebar ‘Fast n Furious’ (Paul Walker) meninggal dalam sebuah kecelakaan 30 November 2013 bersama kawannya Roger Rodas. Fakta yang beredar pemeran Brian dalam film ‘Fast n Furious’ kecelakaan karena menabrak tiang listrik di depannya, kemudian menimbulkan percikan api yang akhirnya menimbulkan ledakan di mobil Paul Walker. Padahal mobil yang dikendarai Paul Walker masih terbilang baru nih guys. Kepergian Paul Walker, menjadikan John Singleton selaku direktur akan mencari pengganti tokoh Brian secepatnya, dikarenakan ‘Fast n Furious 7’ akan segera digarap.

Desember: Tragedi Bintaro 2013
Senin, 09 Desember 2013 menuai banyak kisah untuk dunia transportasi di Indonesia. Baru-baru ini, rel kereta Bintaro kembali menuai tragedi. Setelah tragedi kereta vs kereta tahun 80an silam, kali ini truk tangki vs kereta. Truk tangki berisikan bbm menembus pagar pembatas rel sesaat kereta ingin melaju. Tragedi ini merenggut kurang lebihnya 80 korban, diantaranya wanita. Pasalnya, gerbong terdepan kereta adalah gerbong khusus wanita, masinis KA pun langsung tewas seketika dengan keadaan jenazah yang terbakar. Kejadian seperti ini seharusnya menjadi pelajaran bagi pengendara, karena pada kenyataannya banyak sekali pengendara yang menerobos palang pintu kereta api karena tidak sabar. Sepertinya juga sudah seharusnya saat ini kereta tidak lagi mengganggu aktivitas masyarakat, dengan segera menghadirkan fly over rel Kereta Api nih.

No comments: