Tuesday 28 January 2014

PERAYAAN TAHUN BARU TER-WAH DI DUNIA

Event yang Dirayakan Sedunia

New Year’s Eve Ball di New York
Sejak pagi hari sudah banyak wisatawan yang berkunjung di kota New York, mereka akan bergegas menyelenggarakan perayaan tahun baru, tapi pedagang makanan dan minuman tidak diizinkan untuk berjualan, so kamu harus membawa makanan yang diperlukan. Sekitar jutaan orang berkumpul di New York, Amerika Serikat untuk menyambut tahun baru. Pas matahari mulai terbenam, bola raksasa yang bercahaya (New Year’s Eve Ball) ditarik ke atas tiang One Times Square dengan tinggi mencapai 145 m. Saat 60 detik sebelum pergantian tahu, bola raksasa ini diturunkan sampai 23,5 m dari permukaan bumi, kemudian pesta kembang api dimulai. Siang hari, 01/01 di New York sampah mencapai 50 ton, butuh dana 8-10 milyar untuk membersihkannya.

Masyarakat Brazil Lepas Landas ke Copacabana
Setiap malam tahun baru, pantai Copacabana, kota Rio de Janeire menjadi tuan rumah untuk melakukan perayaan pesta tahun baru (Reveillon). Perayaan pantai ini dilakukan sebagai ritual penghormatan kepada dewi laut. Para penduduk setempat melemparkan bunga putih ke laut dan berbaring di tepi pantai. Semua yang datang ke pantai ini dominan menggunakan pakaian berwarna putih, tidak diperkenankan memakai pakaian hitam untuk bergabung, karena warna hitam dipercayai membawa pertanda buruk. Pesta kembang api saat bergantinya tahun siap mewarnai tahun baru anda, kemudian menikmati konser gratis, makan-makan dan ngebir hingga esok hari. Lebih dari dua juta masyarakat Brazil dan wisatawan berkumpul untuk pesta makan dan minuman, nonton konser gratis dan menari hingga esok hari.

Fireworks Ter-ter di Dunia (Sydney, Australia)
Kebebasan berpolitik dan standar hidup yang tinggi, menjadikan Sydney sebagai kota yang diinginkan di dunia. Nah, buat kamu yang ingin merayakan tahun baru di luar negeri, Australia sangat tepat dijadikan tempat perayaan tahun baru. Pasalnya, kembang api terbesar dan terspektakuler berada di Sydney (Harbour City). Kembang api seberat 7 ton yang ditembakkan dari 7 tongkang di Sydney Harbour. Pesta kembang api dimulai dari jam 21.00, akan tetapi puncak kembang api berada pada pukul 00.00. Setiap tahun tidak kurang dari 1 juta orang penikmat pesta kembang api berada di sini. Jika kamu ingin merayakan tahun baru di Sydney New Year’s Eve Fireworks kamu bisa datang dari jam 17.00-18.00 untuk menempati posisi yang nyaman untuk melihat kembang api termegah, karena selepas jam tersebut para pengunjung akan bertambah padat.

Aduhai Niatnya Perayaan Tahun Baru di Jepang
Perayaan tahun baru di Jepang bukan hanya pesta semata, akan tetapi penyambutan tahun baru dimulai sejak dua minggu sebelum pergantian tahun. Masyarakat jepang melakukan menyambut tahun baru dengan berbagai persiapan. Seperti pembersihan rumah dari kotoran penyebab penyakit, pemasangan hiasan di dalam dan teras rumah, mempersiapkan masakan khas tahun baru ‘Osechi Ryouri’, berkirim kartu ucapan selamat tahun baru, dan pastinya ritual religius pemujaan kepada dewa dan pengusiran roh jahat. Masyarakat Jepang memang sangat antusias menyambut pergantian tahun, bukan dengan perayaan pesta ala barat, akan tetapi melaksanakan tradisi Jepang turun menurun. Nah, masyarakat Jepang juga mengenal adanya liburan 3 hari setelah tahun baru, yakni tanggal 1, 2,dan 3 Januari. Happy Holiday!

No comments: