Sunday 9 February 2014

Fakta Unik Toga


Guys, tahu nggak sih toga itu apa? Yups, pakaian kebanggaan semua mahasiswa. Siapa sih yang nggak mau memakai toga saat kelulusan? Berikut beberapa fakta unik tentang pakaian kebanggaan alias toga, mari simak liputannya, check it out!

photograph by @liezaazzahra
asal muasal toga
Toga berasal dari kata tego (bahasa latin) yang berarti penutup. Pokoknya semua acara atau kegiatan yang berkaitan dengan penutupan saat romawi kuno, mereka mengenakan toga. Saat itu toga hanya dipakai oleh pria saja, sedangkan wanita memakai stola (syal panjang yang dililitkan ke leher). Faktanya zaman sekarang wanita banyak yang menuntut ilmu untuk mengejar karir setinggi-tingginya, maka toga sudah umum digunakan, bukan hanya pria tapi juga wanita. Merdeka ya ladies!

warna warni pada toga
Toga di Indonesia biasanya berwarna hitam. Tau nggak sih? Masyarakat Romawi kuno melihat adanya toga berwarna cemerlang dan berwarna gelap. Cemerlang biasanya toga yang diputihkan dengan kapur putih, sehingga berwarna putih, sedangkan toga berwarna gelap bukan berarti harus hitam ya guys, masyarakat romawi kuno biasanya mengenakan toga berwarna gelap dengan warna ungu pekat. Akan tetapi, kian lama main set masyarakat orde baru melihat adanya toga berwarna gelap dengan warna hitam. Sampai sekarang deh toga dikenal dengan warna hitam pekatnya.

jubah longgar toga
Toga umumnya jubah besar yang longgar dan tidak pas badan. Yup, toga pada zaman romawi kuno dikenal dengan pakaian (jubah) tanpa jahitan, maka dari itu toga terlihat longgar. Saat ini kita sudah mengenal adanya jahitan, maka dari itu semua toga sudah dijahit dengan sangat rapi. Agar tidak merubah bentuk asalnya, toga dibuat sedemikian longgarnya dan tidak pas badan. Sampai sekarang deh, ukuran toga S (small) tetap terlihat besar oleh pemakainya.

tali toga
Pemindahan tali toga dari kiri ke kanan bukan sembarang loh guys,  pemindahan tali oleh rektor atau wakil rektor mengesahkan kalau kalian telah diwisuda. Kenapa harus dari kiri ke kanan ya? Pemindahan ini dikarenakan otak kiri hanya berfungsi sebagai hafalan dan berbahasa, sementara otak kanan berfungsi untuk imaginasi dan kreatifitas dalam bekerja (berkarir) agar lebih inovatif. Maka dari itu pemindahan tali merupakan simbol agar mahasiswa lebih banyak menggunakan otak kanan dibandingkan otak kirinya.

topi toga
Topi toga berbentuk persegi lima dengan persegi di atas lingkaran. Persegi lima menandakan pemikiran mahasiswa yang dituntut untuk berpola pikir rasional. Memecahakan masalah dengan logika dan berpikir panjang, bukan dengan anarkis dan demonstrasi. Itu artinya demonstrasi dan anarkis bukan mencerminkan kalian para mahasiswa calon pemakai toga (calon wisdawan/wisudawati)



No comments: