Sunday 9 February 2014

Fresh Graduate VS Profesional


photograph by @liezaazzahra
Eits jangan bertengkar dulu ya karna melihat judulnya. Ini hanya ulasan tentang tanggapan HRD dengan kondisi yang dialaminya saat ini. Saat ini banyak sekali para HRD berkeluh saat pencarian karyawan, sebenarnya apa sih yang diinginkan HRD saat ini? Yup, saat ini banyak sekali HRD mengeluhkan pengurangan karyawan karna permasalahan biaya. Hematnya, biaya yang dikeluarkan karna pengaruh kenaikan UMR sangat drastis dan membuat mereka berpikir dua kali untuk menerima calon karyawan yang mereka inginkan, sedangkan kinerja karyawan tidak ada kenaikan yang berarti, weleh...weleh... Jangankan untuk menerima fresh graduate, untuk menerima calon karyawan yang berpengalaman saja mereka bakalan berpikir dua kali. Nah.... ini dia hasil angketnya.

1.     Para HRD 80% memilih calon tenaga kerja yang profesional dan berpengalaman dibidangnya daripada fresh graduate yang sesuai dengan jurusannya. Pasalnya, jurusan tidak menjamin kinerja seseorang dalam bekerja.
2.      70% kondisi yang ada pada HRD saat ini dituntut untuk meminimalisir budget gaji karyawan
3.    Pencarian karyawan profesional yang berpengalaman dengan harga tinggi dan fresh graduate yang belum berpengalaman dengan harga rendah sama-sama masih menjadi kesulitan tersendiri bagi para HRD. Pasalnya, HRD menginginkan harga rendah pada karyawan akan tetapi pengalamanpun diutamakan.
4.   Selain perusahaan mengeluhkan keperluan training yang memakan waktu lama untuk mengajarkan fresh graduate dari awal, 70% perusahaan menangkal itu semua, karena pada kenyataannya fresh graduate mampu menangkap dan menyesuaikan pekerjaan dengan cepat.
5.    Finaly, kondisi HRD saat ini 60% memilih fresh graduate dan 40% sebagian dari mereka memilih tenaga kerja profesional berpengalaman.

Pesan buat pembaca setia:
Pengalaman itu sangatlah penting loh guys, dibandingkan dengan jurusan yang kalian miliki untuk bekerja sesuai dengan apa yang kalian inginkan. So far, fresh graduate pasti memiliki pengalaman bekerja meskipun sedikit. Nah, bagi kalian yang masih menganggur dan memiliki segudang pengalaman juga jangan terlalu berpatokan high sallary, itu semakin menyulitkan kalian untuk bekerja saat sekarang ini karena keadaan ekonomi yang serba sulit. Semangat ya buat para jobseeker, semoga cepat mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang kalian iginkan.

No comments: