Friday 21 February 2014

Sinopsis Bunga Roos dari Cikembang

photograph by +Mabrur Huda 
Marsiti adalah seorang gadis asal Sunda yang sangat baik, lembut, tidak sombong dan cantik. Semua pria mengidamkannya. Ia merawat Ay Tjeng tiga tahun lamanya dengan setia, dengan upah f 15 perbulan. Ayah Ay Tjeng  tidak merestui hubungan Ay Tjeng dengan Marsiti, maka Ayahnya ingin segera menikahkan anaknya dengan Gwat Nio. Suatu saat Marsiti mengundurkan diri karena Ay Tjeng akan menikah dan ia tidak mau hanya gara-gara dirinya Ay Tjeng batal menikah. Akhirnya Marsitipun hilang dan Ay Tjeng tidak mengetahui keberadaannya.
Setelah sepeninggalan Marsiti, Ay Tjeng akhirnya memutuskan untuk menikahkan Gwat Nio. Sebulan dari pernikahan tersebut, Gwat Nio mengetahui hubungan Ay Tjeng dengan Marsiti. Awalnya Gwat Nio menyembunyikan itu semua dari Ay Tjeng tetapi akhirnya ia pun memberitahukan hal tersebut. Gwat Nio telah mengetahui semua kisah percintaannya dengan Marsiti, Ay Tjeng sangat kaget karnanya. Tetapi itu semua tidak memecahkan hubungan pernikahan Ay Tjeng dengan Gwat Nio. Gwat Nio adalah seorang istri yang baik dan pengertian.
Selam beberapa lama perkawinan Ay Tjeng dengan Gwat Nio, akhirnya mereka pun dikaruniai anak, dan mereka memberinya nama Lily untuk sang buah hati. Sedari kecil Lily mereka asuh, Lily selalu di ceritakan hal-hal kesedihan dan semua tontonan kisah-kisah sedih menjadi habyya semasa kecil sampai meranjak dewasa. Akhirnya seorang sense meramalkan bahwa umur Lily tidak akan panjang lagi, dan Lily akan meninggal sebelum ia menikah. Lily dan keluarga pun mempercayai hal itu, yang mereka anggap sense selalu benar dalam meramalkan umur seseorang. Akhirnya Lily pun meninggal sebelum ia menikah. Tetapi itu semua terjadi karena penyakit yang meradang di dalam tubuhnya sedari kecil dan telah menjalar setelah ditanamkan pula kepercayaan bahwa dirinya akan meninggal sebelum ia menikah.
Seusai kepergian Lily Ay Tjeng dan Gwat Nio merasa sangat kehilangan dan mereka pun sakit-sakitan. Wajah mereka seperti 10 tahun lebih tua dari umur sebenarnya.

#Mau tau kisah selengkapnya? Baca saja bukunya, membaca lebih indah dibanding bercerita.

No comments: