Wednesday 5 June 2013

Resensi Novel Even If It Kill Me

                                                         "Cantik  Itu Harus Kurus"
                                               Judul Buku    : Even If It Kill Me_Diet Abis-Abisan
                                               Penulis          : Dorothy Joan Harris
                                               Penerbit        : PT.Gramedia Pustaka Utama
                                               Cetakan        : pertama (2006)
                                               Tebal            : 200 halaman

Dunia remaja memang memiliki keunikan tersendiri dan selalu menarik untuk dibicarakan. Segala macam permasalahan yang timbul pada saat remaja merupakan proses pembelajaran menuju kedewasaan. Masa remaja merupakan masa paling labil dalam kehidupan seorang anak manusia. Biasanya mereka mengidolakan seorang tokoh dan akan mengikuti gaya tokoh yang diidolakannya.
Seperti halnya tokoh melanie dalam novel ini, dia adalah seorang gadis baik dan menjadi pelajar teladan yang sangat disiplin di sekolahnya. Dia ingin lebih sempurna maka ia ingin menjadi kurus seperti model dalam majalah yang pernah ia lihat. Melanie ingin tubuhnya menjadi kurus, maka ia pun  melakukan diet ketat, karena terlalu ketat dalam berdiet melanie mengidap suatu penyakit yang disebut anoreksia nervosa.Suatu istilah penyakit bagi penderita yang mengalami penurunan berat badan secara berlebih sehingga mempengaruhi kerja otak dan akibat yang paling fatal adalah kematian.
Setelah divonis mengalami penyakit tersebut melanie masih saja meneruskan program dietnya agar ia bertambah kurus seperti model yang diidolakannya.Akhirnya melanie masuk rumah sakit , bahkan dia menyaksikan pasien sesama pengidap penyakit yang ia derita meninggal dunia. Setelah kejadian itu dia agak takut meneruskan program dietnya, tetapi dia juga harus mempertahankan program dietnya demi mendapatkan berat badan seperti model di majalah.
Dalam novel ini menceritakan bagaimana perjuangan seorang Melanie untuk menyelamatkan nyawanya atau tetap bertahan dengan program dietnya agar tujuannya menjadi seperti idolanya tercapai. Dalam novel ini pengarang menggambarkan sosok remaja yang ingin menjadi sempurna seperti idolanya. Kelebihan dalam novel ini para remaja mendapatkan istilah baru dalam bidang kesehatan serta setting dalam cerita mengangkat latar di luar negeri yaitu Kanada, sehingga para remaja memiliki wawasan baru tentang gaya hidup dan aneka kulinernya.

Kekurangan novel ini adalah tokoh yang ditampilkan dalam cerita terlalu sempurna jauh dari realita yang ada. Karena latarnya  di luar negeri maka  banyak istilah makanan yang asing yang tidak diketahui oleh remaja indonesia.novel ini sangat asyik untuk jadi bahan bacaan untuk para remaja saat ini

No comments: